Unit

News



Penetapan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh sebagai Pusat Unggulan Iptek Pemanfaatan dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh
News Writter : • Photographers : • 03 Jan 2018 • Read : 2343 x ,

Puji syukur kepada Allah SWT, pada hari Rabu, tanggal 13 Desember 2017 di Gedung BPPT, Jakarta, telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek Pemanfaatan dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh, berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor /M/KPT/2017. Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Menteri Ristek DIKTI, Profesor H. Mohamad Nasir, PhD diterima langsung oleh Kepala Pusfatja, Dr. M. Rokhis Khomarudin, bertempat di Auditorium Gedung II BPPT Jakarta, Penetapan PUI tersebut diumumkan pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Tahun 2017. Program PUI bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga litbang yang meliputi kelembagaan, sumber daya, dan jaringan informasi IPTEK sehingga dapat menjadi lembaga litbang yang bertaraf internasional dalam suatu bidang prioritas yang spesifik. Pada awal tahun 2016, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh mengajukan sebuah PUI dengan nama PUI Pemanfaatan dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh, berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 365/M/KPT/2016. dan bergabung dalam program pembinaan PUI yang fokus riset unggulan di bidang Pemanfaatan dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh. Selama dalam status pembinaan PUI sebagai kandidat sebuah PUI maka terus menyempurnakan standar yang telah di atur oleh Kemenristekdikti sehingga nantinya ditetapkan sebagai PUI.

Program PUI digelar sebagai upaya memperkuat keunggulan Indonesia melalui peningkatan kualitas kelembagaan iptek dan dikti. Di mana, diharapkan, peranan iptek dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian nasional. Dengan adanya PUI, maka lembaga litbang bisa berkontribusi lebih untuk menggerakkan sektor industri barang dan jasa berbasis inovasi, sehingga akan meningkatkan daya saing ekonomi bangsa. Penguatan kelembagaan menjadi unsur penting untuk memfasilitasi kegiatan dalam kerangka pembinaan kelembagaan Iptek dan Dikti. Langkah ini akan terus dikembangkan untuk mewujudkan sistem kelembagaan litbang di Indonesia yang menghasilkan lembaga litbang yang unggul, inovatif, dan berdaya saing.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL